Awal Mula " Sneaker "


    Jika kita berbicara mengenai sneakers pasti yang difikiran kita adalah sepatu running casual seperti NB, Nike atau Adidas, atau brand lainnya, ada cerita dan sejarah yang mungkin belum kita tahu dibalik sepasang sepatu yang biasa kita pakai sehari-hari bernama Sneaker ini. Kembali ke masa lalu sekitar abad 18 orang orang memakai rubber soled shoes yang bernama plimsolls, tapi sepatu ini terlikhat kasar dan kaku sehingga kita tidak bisa membedakan mana sepatu kiri atau kanan, lalu sekitar tahun 1892 U.S Rubber Company memperkenalkan sepatu karetyang lebih nyaman dengan bahan kanvas, yang disebut kedslalu kemudian Pada tahun 1917, sepatu ini mulai diproduksi secara massal. pada masa itu keds dijuluki Sneaker karena jika dipakai berjalan tidak berbising dan tenang, sehingga orang yang memakai bisa menyelinap pada seseorang. maklum pada jaman itu sepatu yang biasa digunakan berbunyi karena berbahan kasar dan berat.

    Pada tahun yang samaMarquis Converse memproduksi sepatu khususpertama yang hanya untuk basketyang disebut Converse All-Stars. dan pada tahun 1923, dan lIndiana hoops star bernama Chuck Taylor mendukung produksi sepatu inidan kemudian dikenal sebagai Chuck Taylor All-Stars. Ini adalah sepatu basket terlaris sepanjang masa.


  Sneakers mulai dikenal dunia pada tahun 1924. Saat itulah seorang pria Jerman bernama Adi Dassler dan sodaranya Rudolf membuat sepatu sneaker pada masa itu dengan naungan brand dassler. brand yang menjadi sepatu atletik yang kala itu melahirkan brand paling populer di dunia yaitu Adidas dan Puma. Bintang olahraga running Jessie Owens memakai sepatu mereka ketika dia memenangkan empat medali emas di Olimpiade 1936.

Selama paruh pertama abad ke-20, sneaker pada jaman itu yang dipakai sebagian besar untuk bermain olahraga. Tapi ditahun 1950-an, anak muda pada jaman itu mulai memakai sneaker sebagai pernyataan fashion. Bahkan lebih remajamengikuti mode setelah melihat James Dean menggunakan Sneaker dalam film Rebel Without a Cause yang populer saat itu.

Penjualan sepatu sneakers sangat luar biasa di tahun 1984, ketika Michael Jordan menandatangani kontrak untuk memakai sepatu Nike Air Jordans yang disebut-sebut sneaker paling terkenal yang pernah dibuat. Bahkan setelah Jordanpensiun dari NBA, sepatunya terus menjadi penjual terbaik. Sebagai perusahaan yang memperoduksi sneakers seperti Nike,Reebok dan Adidas mereka bersaing dengan ketat selama dekade ini. berinovasi dari teknologi dan style sneakers, dari bahan yang terbaik sampai collabs dengan brand keren lainnya untuk menarik pasar dan minat. Sneakers mulai diproduksiuntuk setiap olahraga, termasuk berjalan, skateboard dan lain-lain.

Teknologi sneaker saat ini sangat berkembang. seperti Nike’s Air Force menggunakan kantong kecil gas pada heels nya untuk membuat bantalan yang lebih baik, sementara Reebokmemperkenalkan The Pump udara dipompa ke sepatu untuk membuat sepatu terasa pas dan ringan. teknologi Sneakerberkembang terus: seperti Spira Footwear, telah membangunsebuah mata air di telapak kaki untuk mengurangi stres. Tentu saja, inovasi, brand, teknologi harus dibayar dengan harga, seperti sepatu sneakers sekarang ini memiliki harga sekurang kurangnya $ 100 sepasang!

Comments

Popular Posts